Thursday, July 21, 2022

My Skincare Routine

Edit Posted by with No comments
Aku sempet posting ini di Instagram Story aku.





Terus nggak lama ada beberapa temen yang reply story ini dan minta aku untuk spill skincare routine aku. Aku sih sebenarnya dengan senang hati berbagi, cuma masalahnya ngejabarin skincare routine itu agak susah. Kenapa? karena akan sering berubah. Buktinya, draft dari postingan ini aku buat tanggal 27 Mei 2022. Waktu itu, serum retinol yang aku pake adalah Somethinc 1% encapsulated retinol. Sekarang (20 Juli 2022), retinol aku udah berubah jadi HAUM A Pure Retinol 0.8%. Terus vitamin C aku juga berubah. Tadinya pake Azarine C White Lightening serum jadi Whitelab C-Dose + Brightening Serum yg ada EAA 2%nya. Nanti, aku bakalan ganti lagi serum vitamin C-nya karena emang sekarang lagi nyari serum vitamin C yang enak dipake. Tapi untuk sekarang, mungkin yang bisa dibagi ini dulu kali, ya....


My Morning Routine: Azarine Ance Gentle Cleansing Foam 🠞 Pyunkang Yul Essence Toner 🠞 Whitelab C-Dose Brightening Serum 🠞 Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer 🠞 Sunscreen


My Night Routine:  Biore Cleansing Oil Make Up Remover 🠞 Azarine Acne Gentle Cleansing Foam 🠞 Pyunkang Yul Essence Toner 🠞 Azarine Revitalizing Anti Aging Serum đŸ ž Retinol/Erha Anti Ance Serum 2% BHA & 5% Niacinamide 🠞 Y.O.U Radiance White Regenerating Night Cream  


Once a week treatment:  Wash Off Mask (Azarine Purifying Deep Cleansing Match Clay Mask atau Dear Me Beauty x Chatime Greentea Cooling Gel Mask), Physical Exfoliator (Safi Age Defy Deep Exfoliator atau Azarine Blackhead Remover Mask) dan Chemical Exfoliator (Whitelab AHA 6% + Niacinamide 2% + BHA 1% + PHA 0,10%)


 Jadi... Kenapa skincare routine-ku sebegitu ribetnya? Sebenarnya buatku nggak ribet. Ini udah simple banget. Dulu sempet pake serumnya layer 3 kali. Trus sadar kalo itu semua nggak guna, jadi dikurangin makanya sekarang udah tinggal 1 pemakaian serum mukanya. Kalo bisa dikurangin lagi (pake produk multi-actives biar stepnya lebih singkat). Yang pasti sih, urutannya akan mengikuti cheat sheet buatannya Cassandra Bankson.




Sebenarnya, untuk bisa sampe punya step skincare kaya sekarang, selain trial dan error, aku juga ngikutin pedoman yang pailng utama. Pertama, Perkuat basic skincare. Apa itu basic skincare? Basic skincare itu ya... paling dasarnya aja, tanpa melihat ada concern apapun, skincare utamanya hanya pembersih dan moisturizer. Kalo di step skincare pagi, ditutup dengan sunscreen. Jadi emang sebelum aku coba produk yang macem-macem, yang pertama aku cari sampe settle adalah sabun cuci muka dan moisturizer. 

Untuk masalah menemukan sabun cuci muka, sebenernya gampang-gampang susah, ya? Kenapa? Karena sabun cuci muka yang baik itu membersihkan tapi nggak menghilangkan semua kelembaban di muka. Jadi kalo abis cuci muka pake sabun (badan juga sih, pokoknya cuci permukaan kulit) trus berasa kering, ketarik dan nggak nyaman, maka sabun cuci mukanya terlalu kasar. Dulu sabun cuci mukaku itu Safi White Expert. Ternyata rasanya kering setelah sadar kalo harusnya sabun cuci muka nggak berefek kaya gini, aku coba cari sabun cuci muka yang sifatnya gentle cleaser. Tadinya mau coba Cosrx Low PH Good Morning Cleanser, tapi nggak tau kenapa maju-mundur sama produk asing (pertimbangan aku sih, pengennya pake produk lokal aja. Harganya lebih stabil dan membantu perekonomian dalam negeri. Hahahaha). Ternyata ketemu yang murah tapi bagus. Makanya sampe sekarang bertahan pake Azarine Acne Gentle Cleansing Foam. Kalo oil cleansernya, karena aku setiap hari pake sunscreen, jadi untuk step skincare malem harus dimulai dengan double cleanse. Step double cleanse yang aku ikutin itu pertama pake oil-based, yang kedua pake water-based. Aku belum tertarik untuk pake cleansing balm karena udah ngerasa cocok pake Biore Cleansing Oil Make Up Remover ini dan simple. Cukup 2 pump, langsung aplikasi dan pijat-pijat muka, lalu bilas dengan air sampe berasa bersih. Baru dicuci lagi pake si sabun cuci muka. Ini efektif biar sisa sunscreen dan kotoran yang nempel di muka seharian hilang. Jadi bisa sekalian untuk merawat pori juga.

Hal yang paling sulit adalah cari moisturizer untuk muka kilang minyak kaya punyaku. Sempet pake Dear Me Beauty Water Cream Moisturizer, udah cocok sih sebenernya, tapi karena diracunin Malik untuk cari moisturizer yang feels-nya lebih kaya, jadinya ganti merk dan pas ketemu sama si Bhumi Ceramide Hydra Lock ini. Dari segi ingredients, aku udah ngerasa cukup banget pake produk ini, jadi nggak bakalan cari lagi yang lain. Udah gitu dia ada kemasan refill-nya, jadi nggak perlu beli botol cream berulang-ulang. Bisa mengurangi beban sampah dari ibu pertiwi lah.

Kalo untuk sunscreen, aku ga bisa kasih tau produk yang aku pake apaan, karena terlalu sering ganti. Sekarang aja, sebenarnya aku pake Biore UV Fresh & Bright yang oil matte, Nivea Sun Face Serum Triple Protect yang varian Anti Wrinkle, sama Skin Aqua UV Moisture Milk (Tutup biru muda). Kok banyak? Aslinya karena keracunan review #HambaSunscreen dari SkinOppa. Tapi setelah dicoba, ternyata sunscreen yang pake alkohol itu emang lebih enak dipake dan lebih cepat untuk diaplikasiin dan ngeset dibandingkan sunscreen tanpa alkohol. Jadi kalo pagi kesiangan dan buru-buru, bisa langsung pake si sunscreen ini dan ga perlu nunggu sampe 15-30 menit untuk ditimpa pake loose powder (aku kalo pake Azarine atau SkinAqua musti siap-siap satu jam sebelum beneran pergi karena nungguin si sunscreen ready sebelum ditimpa sama bedak muka, sementara ketika pake si Biore atau Nivea, aku bisa siap dalam waktu setengah jam). 

Setelah basic skincare mantep, baru ke perbaikan masalah kulit (Skin concern). Aku pake toner, serum dan once-a week treatment karena mau menuntaskan skin concern. Skin concern aku adalah penampakan pori-pori besar dan produksi sebum berlebih. Jadi masalah itu yang aku coba selesaikan dengan step skincare tambahan (aku sadar kok kalo mau tuntas sepenuhnya harus pake treatment di dokter kulit. Tapi... berhubung duitnya belom ada, jadi pake skincare yang bener dan konsisten aja. Biar masalahnya berkurang).

Untuk ngebenerin skin concern ini, yang aku coba lakuin adalah rutin eksfoliasi, mengontrol produksi sebum dan pake produk yang membantu mengembalikan elastisitas kulit (bahasa gampangnya produk anti aging). Ternyata... Semua fungsi ini tuh ada di RETINOL. Hahahaha... Jadi kalo malem pake retinol aja sebagai tambahannya nggak masalah? Ya enggak apa-apa. Cuma ternyata salah satu efek samping dari retinol adalah kulit jadi dehidrasi. Makanya ada beberapa ahli yang bilang sebaiknya pake sandwich methods (moisturizer - retinol - moisturizer). Tapi jujur aku nggak bisa pake metode ini karena terlalu banyak aplikasi moisturizer malah bikin muka aku lengket. Makanya aku pake hydrating toner (selain untuk mempersiapkan muka, hidrasinya cukup buat menahan efek dehidrasi dari penggunaan retinol). 

Selebihnya, produk yang aku pake itu booster aja untuk main product yang lain. Misalnya si Azarine Revitalizing Anti Aging Serum. Berdasarkan penelitian, retinol dan bakuchiol kalo ditandemin hasilnya akan sangat bagus banget. Selain sebagai antioksidan (aku nggak setuju kalo Bakuchiol disebut sebagai retinol alternatif karena sebenarnya Bakuchiol dan Retinol itu berbeda), efek melembabkan dari bakuchiol itu enak banget. Sementara vitamin c yang aku pake di pagi hari itu booster proteksi sunscreen karena antioxidant + sunscreen itu kombinasi yang oke banget buat ngelawan polusi, sinar matahari dan ancaman penuaan dini. Eh... Aku pake vitamin C juga karena ada masalah bekas jerawat kehitaman, sih. Karena tiap PMS akan jerawatan dan sangat besar kemungkinan si bekas jerawatnya ini menghitam, aku perlu vitamin C dan Niacinamide (sekarang ditambah ada tranexamic, semoga bekas kehitamannya bisa lebih cepat pudar).

Jadi kalo ditanya rekomendasi produk, suka susah jawabnya. Karena skincare itu kaya kepribadian manusia. Unique and personal. Masalah kulitnya personal, efek formulasi dari masin-masing brand di kulit juga personal. Setidaknya, coba pahami kalo masalah kulit itu punya "obatnya". Kalo masalahnya tanda penuaan, bisa pake retinol, kalo masalahnya sebum berlebih bisa pake Niacinamide, kalo masalahnya bekas jerawat kehitaman bisa pake Niacinamide, arbutin atau tranexamic acid, atau pake aktif turunan dari vitamin C (LAA, EAA, SAA, dan semacemnya). Tapi sebelum ke sana, basic skincarenya dibenerin dulu. Siapa tau, dengan ngebenerin basic skincare masalah kulitnya bisa berkurang. Toh kalo pake skincarenya minimal, uang yang dikeluarin buat beli skincarenya juga jadi berkurang drastis. Jadi lebih hemat deh 😄😄😄😄

0 comments:

Post a Comment