Sunday, August 15, 2021

Skin Care is Self-Care

Edit Posted by with 1 comment



Beberapa pekan ke belakang, aku lagi suka banget nontonin video-videonya Cassandra Bankson. Dia itu beauty influencer yang berbasis di California. Kenapa aku jadi suka nontonin video-videonya? Karena dia ngebahas skincare bukan dari sudut pandang brand, tapi dari apa yang terkandung di dalam produk kecantikan itu. She reviewing them based on science, and that's what I love about her channel. Aku jadi tau kalo masalah sama mukaku ini musti cari produk apa supaya bisa mengatasinya. And so far, alhamdulillah her review and advice works well on me.

Selain itu, aku juga suka liat reaction videos to celebrity's skincare routine yang dia buat. Paling suka kalo liat reaksi dia kalo ada yang pake eye cream atau ada beauty product yang harganya diatas $100. Terutama review dia di skincare routine-nya Sam Smith. Serius deh, ekspresinya dia lucu banget di situ. She is so nerdy but adorkable 😍😍😍

Salah satu motto dari Cassandra adalah judul postingan ini. "Skincare is a self-care". Akupun ngerasa begitu. Baru setelah paham serunya berburu skincare, nyobain produknya, dan ngerasain hasilnya, baru berasa tuh yang namanya self-carenya kaya gimana. Nggak ada sih yang nyuruh aku buat spesifik pake skincare tertentu atau spesifik bilang "kamu jadi perempuan tuh harus cantik! Biar orang lain pada suka." Karena buatku, baik hati dan banyak pengetahuan (hawa-hawa anak Hufflepuff dan Ravenclaw emang ini) itu lebih penting dari cantik fisik. Tapiiii... Kalo dibilang nggak ada yang nyuruh juga sebenernya nggak juga, sih. Dalam agama tuh disebut kalo raga ini musti dijaga kesehatannya (termasuk kesehatan muka berarti kan ya?), sama kaya ngejaga supaya jiwanya nggak busuk dan suka ngejudge orang (eeh... Maap jadi ngegas 🤭🤭🤭).

Anyway... Kenapa jadi tiba-tiba ngomongin hal ini, karena beberapa hari yang lalu aku nonton salah satu video yang temanya "reaction to famous people skincare routines". Yang dia review waktu itu adalah seorang congresswoman namanya Alexandria Ocasio-Cortez. Di menit ke 4:41, dia menjelaskan kalo dia banyak banget dapet message dan DM di Instagram dari orang-orang yang nanyain tentang skincare dan make up dia (karena kulitnya bagus banget).

Alexandria Ocasio-Cortez

Lalu Cassandra menyambung pembicaraan dengan menanyakan "apakah kamu pernah dijudge karena menggunakan make up yang sebenarnya membuat kamu merasa bahagia, namun orang lain menilai kamu menggunakan make up itu karena lawan jenis?"



YES! I DO!!!!


Aku pernah dapet komen seperti itu. Jadi kejadiannya adalah di hari itu aku lagi nyoba lipstick baru. Warnanya aku suka. Well, aku memang waktu itu belum terlalu suka sama make up apalagi skincare. Jadi mungkin orang lain nggak terbiasa melihat aku menggunakan make up (but hey!!! There's always first time for everything!). Tapi yang paling nggak enak adalah ada seorang teman (yang kebetulan laki-laki) ketika liat aku pake lipstick itu, dia langsung komen "Mau ketemu sama siapa sih? Sampe pake lipstick kaya gitu. Biasanya juga nggak pake apa-apa."

Kalo boleh jujur, waktu itu aku kesel banget denger omongannya. Aku lupa sih nyautin dia atau nggak, yang jelas waktu itu aku berpikir "aneh ya kalo aku merasa pake lipstick itu menyenangkan? Apakah pake lipstik itu harus 'untuk orang lain'? Nggak boleh kah untuk diri sendiri?" Dan karena waktu itu aku masih newbs di dunia skincare dan make up (eh... sampe sekarang juga masih noob banget sama beginian), jadi langsung patah semangat gitu buat explore banyak make up (yes, orang yang komen ini WAKTU ITU adalah salah satu orang yang signifikan buat aku. His comment matters. Tapi sekarang udah nggak signifikan lagi. Aku bahkan udah nggak pernah ngobrol sama dia lagi). 

Tapi setelah temenan dengan orang-orang yang punya pemikiran yang lebih terbuka, aku balik mengeksplor dunia make up dan skincare lagi. Karena sekarang untuk diri aku sendiri, jadi aku nggak peduli apa kata orang. And thank God, aku sekarang dikelilingin sama orang-orang yang emang concern sama skincare dan make up. Bukan untuk tampil cantik dan menarik di depan orang lain, tapi untuk kesehatan diri sendiri.

Seperti yang jadi jargonnya Cassandra, Skincare is self care. Menjaga kesehatan kulit, bagian tubuh yang punya peran penting tapi sering disepelein sama orang-orang, berarti bertanggung jawab sama diri sendiri. So please, kalo kamu nggak ngerti betapa menyenangkannya ritual skincare dan make up untuk diri sendiri, nggak perlu ngejudge orang lain yang bisa membahagiakan dirinya dengan hal yang kamu nggak paham. Carilah sesuatu yang bisa bikin diri kamu bahagia. Daripada ngomongin dan ngejudge orang lain melulu. Ok?

Peace, Love and
Long Live an Prosper.

1 comment:

  1. Yes! Welcome to the club, Ki! Semangat terus ya skinkerannya... Let's aging like a fine wine. Cheers! 🥂

    ReplyDelete